A Brief Introduction to Sahid Institute of Tourism

Dewasa ini, industri pariwisata merupakan salah satu industri yang paling berkembang secara pesat. Maka tidak heran bila pemerintah mulai menggalakan pembangunan di sektor pariwisata, karena pariwisata memiliki peran penting dalam pembangunan Indonesia, terutama sebagai penghasil devisa negara. Semakin tingginya pembangunan pariwisata di Indonesia, maka semakin tinggi pula kebutuhan akan tenaga kerja profesional yang terlatih untuk terjun langsung ke lapangan kerja. Itulah salah satu alasan mengapa banyak bermunculan sekolah-sekolah dan perguruan tinggi khusus untuk mempelajari tentang pariwisata, salah satunya adalah Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid.


Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Jakarta didirikan pada tanggal 23 Maret 1983 oleh Bapak Prof. DR. Sukamdani Sahid Gitosardjono. Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid yang berada di bawah naungan Yayasan Sahid Jaya telah menjadi pioneer bidang pendidikan pariwisata di Indonesia yang berkembang pesat.

Dengan didukung oleh jaringan Hotel Sahid Jaya Group di seluruh Indonesia dan mancanegara, Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid terus mengembangkan diri dan meningkatkan mutu untuk menjadi "pusat keunggulan" yang akan melahirkan tenaga profesional berwawasan Internasional.







Kampus utama Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid terletak di Pondok Cabe, Tangerang Selatan. Seiring dengan meningkatnya peminatan dan permintaan terhadap Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid, maka Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid membuka dan meresmikan kampus lainnya yang berada di Sudirman, Jakarta Pusat dan Roxy, Jakarta Barat. 

Visi dari Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid yaitu menjadikan Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid perguruan tinggi terdepan di Indonesia untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia unggul di bidang perhotelan dan usaha perjalanan wisata, sedangkan misi dari Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid yaitu melaksanakan proses belajar mengajar yang bermutu dan kosisten, memberdayakan seluruh komponen untuk target kelulusan tepat waktu sebesar 80% dengan 70% terserap di industri dan 30 % sebagai wiraswasta, dan pemberdayaan mahasiswa melalui pembentukan "Competency Society" dan penyaluran minat serta bakat.

Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid menawarkan beberapa program yang bisa diambil untuk kegiatan kuliah, yaitu program D-I, D-III, dan D-IV khusus untuk Manajemen Perhotelan/Usaha Perjalanan Wisata. Khusus untuk Kampus Roxy, yang tersedia hanyalah program D IV. Mungkin yang menjadi pertanyaan bagi teman-teman sekalian bahwa mengapa tidak ada program S1? Jawabannya adalah, program D-IV sama/setara S1, oleh karena itu program D-IV disebut juga sebagai sarjana terapan. Yang membedakan antara program D-IV dengan S1 adalah program D-IV memiliki orientasi kurikulum yang lebih menekankan kepada praktik, sehingga mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan praktis dan wawasan tentang lapangan kerja yang mantap, sehingga lebih siap untuk terjun ke dunia kerja. Namun, jika teman-teman berminat untuk melanjutkan pendidikan ke gelar magister, jangan takut karena program D-IV dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang S2.

Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid tidak hanya menawarkan peluang untuk bekerja di dalam negeri, namun juga untuk di luar negeri. Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid memiliki beberapa program yang bekerja sama dengan perguruan tinggi ternama di luar negeri, yaitu program Study to Japan yang bekerja sama dengan Toho International College dan Double Degree yang bekerja sama dengan University of Angers, Prancis. 


Program Study to Japan adalah program yang masa perkuliahannya dilakukan di dua kampus yang berbeda, yaitu Indonesia dan Jepang. Mahasiswa akan kuliah selama dua tahun di STP Sahid dan dua tahun di Toho International College (Jepang).
Mahasiswa yang berpartisipasi dalam program ini akan belajar mengenai bahasa dan budaya Jepang serta mendapatkan pengalaman tambahan dengan bekerja sebagai part timer pada industri hospitaliti dan pariwisata di Jepang.


Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid bekerjasama dengan kampus di luar negeri untuk program Double Degree. Alumni dari STP Sahid dapat mendapatkan dua gelar yaitu gelar dari Indonesia (S.Tr.Par.) dan gelar dari luar negeri (Ing.D.S) saat lulus nanti. Melalui program ini, mahasiswa akan studi di STP Sahid selama 6 semester dan 2 semester di University of Angers. Selama di Prancis, mahasiswa akan melaksanakan kegiatan perkuliahan di kelas internasional selama 5 bulan dan selanjutnya akan mendapatkan kesempatan untuk bekerja (magang) selama 3 hingga 6 bulan, tidak hanya di Prancis, namun juga di negara Uni Eropa. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas mahasiswa untuk menghadapi globalisasi industri perhotelan dan pariwisata.

Bagaimana? Tertarik untuk berkuliah di Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid? Jangan ragu untuk klik link menuju ini dan berikut Sekilas tentang Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid, semoga informasi yang saya berikan dapat menambah referensi anda. Tuhan memberkati!

Komentar

  1. Wah keren! Informasinya sangat bermanfaat! Thx!!!

    BalasHapus
  2. Keren univnya gila tapi sayang jauh :(

    BalasHapus
  3. Wih keren! Makasih infonya, bener" membantu!

    BalasHapus
  4. Terimakasih infonya! Akan saya jadikan refrensi untuk saudara saya.

    BalasHapus
  5. Terima kasih infonya, sangat bermanfaat ! ๐Ÿ‘

    BalasHapus
  6. Terimakasih infonya, sangat berguna untuk saya.

    BalasHapus
  7. Masuk STP sahid pasti ga nyesel ya ratna ๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
  8. Terima kasih infonya! Sangat bermanfaat :D

    BalasHapus
  9. Terima kasih info nya! sangat bermanfaat & semoga sukses

    BalasHapus
  10. Makasi buat infonya. Ada kontak yg bisa sy hubungi? Mau tanya2 soalnya kuliah d situ gimnaa hihi. Thanks before

    BalasHapus
  11. Thanks infonya kak Ratna! Semoga bermanfaat dan semoga sukses ๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
  12. terima kasih infonya ! sangat bermanfaat untuk mahasiswa baru ๐Ÿ˜€

    BalasHapus
  13. Thank youu sangat informatif!

    BalasHapus
  14. Program study to Japan nya keren ๐Ÿ‘ Terima kasih infonya.

    BalasHapus
  15. Informasi yang sangat bermanfaat, thank you

    BalasHapus
  16. Informasi yang sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  17. Nice๐Ÿ–’๐Ÿ–’๐Ÿ–’

    BalasHapus
  18. bon courage Ratna,, u can do it!!

    BalasHapus

Posting Komentar